RSS

Damai Hatiku

image

(* Anda dpt mendownload lagu di bawah ini)

Pernahkah Anda jobless, hutang puluhan juta dan ga tau gmn bakal selesaikannya?
Pernahkah Anda terbelit kartu kredit dan buat bayar minimumnya aja gali lobang tutup lobang?
Pernahkah Anda merasa sedih, kesepian, dan sangat tertekan?
Pernahkah Anda berdoa tapi tdk merasa apa2, tetap cemas dan kalut pikiran, sptnya TUHAN jauh entah dimana? Semuanya itu pernah saya alami.

Tapi sungguh luarbiasa TUHAN YESUS tetap menunjukkan kasih NYA sesuai janji firman NYA:
“Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.” (Yoh 14:18)

Dan lagi TUHAN YESUS berkata sebelumnya:
“Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,yaitu Roh Kebenaran..” (Yoh 14:16-17)

Ceritanya, waktu itu aku masih mencoba bisnis online yg menggunakan kartu kredit, tanpa pekerjaan tetap. Penghasilanku murni bergantung dr bonus2nya. Karena istriku jg bekerja sbg karyawan swasta, kami sepakat membagi pengeluaran2 bulanan, masing2 pny tanggung jwb untuk membayarnya.

Awalnya aku punya cita2 baik, pengen pny pghasilan yg bagus spy aku akan lebih bnyk waktu dan uang untuk keluarga dan pelayanan. Tapi krn cara mengelola pemakaian kartu kredit yg tidak di manage dgn baik, akhirnya bbrp kali salah perhitungan dan menimbulkan tagihan yg tdk terbayar full. Begitu berulang2 sampai menumpuk karena hanya bayar minimum dan terkena bunga, belum kalo kelupaan bayar terkena dendanya juga. Saya nya masih bandel dan sombong, saya masih cari2 jalan keluar dgn gali lobang tutup lobang. Ada temen yg saranin pergi ke toko emas tertentu untuk gesek kartu kredit lain biar dapat uang cash buat nutup dulu tagihan minimun satunya, aku jalani. Bukannya makin beres, tagihan makin nambah dari kartu2 kredit yg lain. Aku makin panik dan menutupi masalah ini dari istriku. Setiap tagihan datang via pos, langsung aku simpan supaya tidak terlihat oleh istri.

Suatu hari saat bangun pagi, istri sudah pergi ke kantor, tiba2 dipikiran muncul semua yang harus dibayar bulan itu, tagihan, cicilan, listrik, kebutuhan bulanan…tapi manaaa dananya??? Uang cash saja saya gak ada di tangan??? Pagi itu aku benar2 takut menghadapi hariku. Tiba2 saja aku merasa kesepian dan tidak punya jalan keluar. Aku duduk di sudut tempat tidur, aku mulai berdoa “TUHAN, mohon berikan aku damai-MU aja supaya aku tidak stress begini” Tapi pikiranku tetap kalut dan ingin merasa tenang aja gak bisa. Kayaknya TUHAN mungkin menjauh dariku..aku sediiih banget dan merasa sendirian.
Tapi dalam kesepianku, tiba2 ada kata2 yg muncul dalam hati “imanmu harus lebih dari perasaanmu”. Aku tertegun sebentar dan kemudian tersadar, aku yakin inilah suara ROH KUDUS, ROH PENOLONG, ROH KEBENARAN yang TUHAN YESUS janjikan akan tinggal dlm hati orang yg percaya kepada NYA, yang akan menyertai selamanya supaya kita tidak merasa seperti anak yatim piatu yg ditinggalkan; untuk mencegah kita supaya tidak mengambil keputusan yang buruk dan jalan yg salah.

Tiba-tiba ada semangat dalam hatiku, aku berdiri sambil berjalan di sekitar kamar, dgn tangan terkepal aku berkata ” terimakasih TUHAN…terimakasih YESUS…..aku percaya meskipun saat ini aku tdk merasa damai…meskipun aku tidak merasakan kehadiranMU…meskipun aku belum melihat jalan keluar masalahku….tapi imanku berkata ENGKAU ADA, ENGKAU melihat dan mengetahui semua masalahku ini….terimakasiiih TUHAN!”
Aku kembali punya semangat untuk menghadapi hari2ku.

Memang benar saat itu aku masih bisa menutup2i masalah dari istriku, tp ALLAH BAPA disurga melihat dosa yang tersembunyi ini, dan DIA tentu sangat tidak berkenan. TUHAN mau mengajarkan aku untuk mengakui kesalahanku, bertobat, jujur dan terbuka juga dengan pasangan. Lalu entah bagaimana sampai suatu saat istri melihat ada tagihan bulan itu. Sorenya saat aku sampe rmh, aku lgsg ditanya. Meskipun dia sdh dengan bijaknya tdk mendampratku di depan mama mertua yg ada waktu itu, dia menanyakan saat pintu kmr sdh dikunci, untuk sesaat aku terdiam tdk bisa menjawab…perasaan malu, kesal, marah pd diri sendiri, bercampur aduk. Tapi inilah awal dari pemulihan, kejujuran yang TUHAN inginkan…akhirnya aku mengakui dan menceritakan semua. Ada 80juta lebih tagihan yang sdh menggulung2 itu. Puji TUHAN, istriku saat itu tidak kalap atau marah2. Justru kami bisa berkomunikasi dari hati ke hati untuk mencari solusinya. Dan usulan dr istri kusepakati bahwa aku akan cari pekerjaan yang tetap berapapun gajinya setidaknya ada penghasilan yang pasti untuk menutup kebutuhan. Dan yang kedua istri akan bantu dgn bonus dr perusahaan untuk menutup sebagian hutang, dan sisanya aku ambil pinjaman tanpa agunan dgn cicilan tetap yang disesuaikan dgn penghasilan bulanan. Itu artinya untuk sekian waktu ke depan sampai benar2 lunas hutang2 ini kami sepakat makan tahu tempe pun dijalani.

Puji TUHAN dalam waktu seminggu saja TUHAN beri pekerjaan yang baru. Dan tahun demi tahun kami jalani dari level nol bahkan minus…akhirnya hutang dpt dilunasi, dan PUJI TUHAN saat kami dapat anugerah sebuah rumah ini, makin membuat kami sadar bahwa suka-duka yang dijalani bersama, TUHAN ijinkan terjadi supaya kami makin mendekat kepada NYA.

Dari pengalaman2 spt itulah aku bersyukur, ROH KUDUS memberi kekuatan dan semangat baru…aku terinspirasi untuk menuliskan sebuah lagu ini:

“DAMAI HATIKU”
—————————-
1=D     (by Herry Andrianto)

SAAT SENDIRI…….. KU MENANTI
SAAT TERTEKAN… KU BERHARAP
SAAT KU CEMAS… KU BERSERAH
SAAT KU SEDIH….. KU BERSYUKUR

Reff:
DAMAI…DAMAI HATIKU
KARNA KU TAHU KAU ADA DI DEKATKU
DAMAI…DAMAI HATIKU
S’MUA YANG TERJADI
BUAT KU MENDEKAT PADAMU

DAMAI…DAMAI HATIKU
KARNA KU TAHU KAU ADA DI DEKATKU
DAMAI…DAMAI HATIKU
S’MUA YANG TERJADI
BUAT KU MENDEKAT-MU

(*lagu Damai Hatiku dapat di dowload disini) semoga menjadi berkat buat kita semua. Amin.

 
Leave a comment

Posted by on August 6, 2015 in Uncategorized

 

Lihatlah Tangan Itu, Lihatlah Paku Itu

image

Semua pasti sepakat bahwa umur, jodoh, ada di tangan TUHAN. Tapi brp banyak kah yg percaya bahwa TUHAN jg mau lho memberikan rahasia2 NYA kpd org2 yg mgasihi NYA? (Roma 8:28)  Caranya? Ya dgn bertanya pada TUHAN? Simple kan….ya gak juga, kadang saya nya yg bolot gak ngerti2 sampe TUHAN tunjukkan lewat angka2 dan media lain…spt wktu HUP kami ke-7 (baca sharingku saTu Jua Selamanya), tnyta TUHAN mau kami semakin menjalin relasi yg intim dgn pasangan maupun dgn TUHAN YESUS, spt Rasul Paulus mgatakan Rahasia hub suami istri menggambarkan hub antara KRISTUS dgn jemaat NYA (Ef 5:32).

Dan kembali, ROH KUDUS mengajarkan sesuatu saat TUHAN menghadiahkan kepada kami sebuah rumah bahkan sampai dari nomer rmh pun TUHAN pny maksud spy kami belajar memiliki fokus hidup kpd TUHAN YESUS yg telah berjanji :
“Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.” (Yoh 14:1-2)

Ceritanya gini…
Setelah bertahun2 tinggal di rmh mungil berlantai satu, bsma dgn istri dan kiddos2 mungil kami…sejalan bertumbuhnya mereka membuat kami merasa ada kebutuhan untuk meluaskan rumah atau tepatnya merenov jadi rmh tingkat. Mulailah kami merancang2 dan mencatat kebutuhan dan planing detilnya :
+ Lantai 1 : * ganti keramik
                     * dapur dibuatkn kitchen
+ Lantai 2 : * buat kmr utama
                     * buat kmr anak
                     * buat kmr mandi (yg minimalis + ada bathup + closet)
                     * buat ruangan kecil u/doa
                     * buat gudang
+ kalo dana cukup bikin dak u/jemuran dan sumur.

Kami persembahkan niat kami ini, mulai dgn doa dan kerja, nabung rupiah demi rupiah. Tanpa terasa waktu berlalu dan kebutuhan itu makin dirasakan. Disela kebingungan kami mau mulai drmana? Menghubungi tukang mana yg bisa dipercaya? Dan tentu yg utama jg modalnya bgm? TUHAN sungguh baik, rencana NYA lbh ajaib dr yg kami sdg pikir dan usahakan. BAPA itu JEHOVAH JIREH – ALLAH yg MENCUKUPKAN. Apa yg awalnya kami rencanakan hny menaikkan lantai rmh lama, TUHAN beri kami rejeki lewat pekerjaan kami dan bisa untuk mencari rumah second di KotaWisata.

Sampai kami dapat satu rmh yg kami berdua dan anak2 sdh cocok dan senang. Agen penjual jg sdh mengusulkan untuk tanda jadi jika mmg kami sdh berminat membeli. Tapi saya bilang pada istri dan anak2, kita harus doa dulu tanya TUHAN, kalo TUHAN merestui pasti lancar tapi kalo tdk biar TUHAN yg tuntun ke rmh yg tepat. Setelah berdoa bersama timbul ide untuk menghub Ci Erlin agen property yg sedang mencarikn pembeli u/rmh kami. Dan dia meminta kami bertemu 3 hari lagi. Setiap hari saya ditelpon agen penjual satunya spy segera “tutup pasar” dgn transfer tanda jadi, tp sy mengulur wkt terus. Sampai tibalah hari Rabu nya, kami diajak keliling 4 rmh oleh Ci Erlin…tp tdk ada satu pun yg kami minati…tp disela itu kami bertemu atasan Ci Erlin dan beliau mgajak ke satu rmh…dan barulah masuk rmh ke-5 ini hati langsung makdeg mak ser…cuocok dan seneng banget lebih dr yg sblmnya. Pasalnya kalo kami dpt rmh itu cocok harga, kami tinggal pindah aja tdk perlu nambah2 renov sdh ckup komplit, bahkan sampai setiap kamar sdh ada lemari kayu masing2. Singkat cerita deal dan proses pembelian berlangsung lancar.

MENGAPA HARUS ORLANDO 6/26?
Suatu siang di ruang ktr, istri email saya dan minta saya cek dgn teliti bhw ternyata TUHAN mengabulkan sampai ke semua detil yg telah kami list tadi, bahkan kami suka dgn tangga berlantai kayu pun TUHAN sediakan pd rmh itu.
Merenungkan TUHAN sdh berkarya begitu ajaib, saya bertanya kpd TUHAN kenapa kami harus menempati Orlando 6/26 ini? Padahal sblmnya kami sdh senang banget sama satu rmh yg lain hampir saja kami tanda jadi 3hr sblm dapat yg ini?

Ternyata kata Orlando yg terdiri dari 7 huruf ini diawali dan diakhiri huruf “O”, yg artinya “tanah yg termasyur/terkenal“. Dalam bhs Ibrani tdk dikenal huruf hidup, dan huruf O ini diwakili oleh huruf ke-6 yg disebut “Waw atau Vav” (mewakili huruf o, u, v, w). Huruf ke-6 inilah yg dipakai oleh bangsa Yahudi untuk menyebut nama TUHAN dgn nama YHWH (Yahweh). Jika dijumlahkan angka gematria dr huruf-huruf pembentuknya maka YHWH atau Yod Hey Waw Hey tadi adalah (Yod)10 + (Hey)5 + (Waw)6 + (Hey)5 berjumlah tepat 26.

Kok, bisa tepat 6/26? Apa hubungannya dgn arti Orlando = tanah yg termasyur? Saya kembali meneruskan membaca catatan di web tsb, bahwa dlm Kitab Kejadian Pasal 26, TUHAN atau YHWH disebutkan sebanyak 7x (angka kesempurnaan TUHAN; spt yg sy sharing angka 7 di catatan saTu Jua Selamanya) dan YHWH lah yg menjanjikan kpd Ishak dan keturunan2nya akan mendptkn tanah yg terjanji, yaitu tanah Kanaan yg subur, yg kaya akan susu dan madu nya…ini dlm pandangan iman kita adalah surga, sbg tanah yg terjanji…tanah yg termasyur.
Dan siapakah YHWH itu? Dikatakn bhw arti “Yod Hey Waw Hey” adalah “Lihatlah Tangan Itu, Lihatlah Paku Itu”. Siapakah yg dimaksud dgn Tangan Terpaku itu? Tidak lain adalah TUHAN YESUS sendiri yg telah rela turun dr tahtaNYA di sorga, dan mati di kayu salib supaya darah NYA mendamaikan antara manusia dgn ALLAH. Dan sebelum wafat dan kebangkitan NYA, dalam Kitab Yohanes Bab 14 TUHAN YESUS jg menjanjikan di rumah BAPA ku (di surga) banyak tempat tinggal.

Angka 6 & 26 menghasilkan angka gematria 5 (dari penjumlahan 6+2+6 = 14 –> 1+4 = 5) huruf ke-5 = HEY tertulis dgn pictograph spt tangan menyembah.
Maka, baru disitu saya mengerti mengapa TUHAN memberikan rmh di Orlando 6/26 itu supaya saya dan keluarga selalu ingat bhw TUHAN YESUS lah yg telah memberikan rmh saya di dunia, dan DIA lah yg menjanjikan pd kita tanah yg termasyur (di surga yg mulia) dgn cara memfokuskan hidup kita dgn berelasi yg intim dlm penyembahan kpd NYA (Lihatlah Tangan Itu, Lihatlah Paku Itu)

ANGKA 6/26 ITU MUNCUL KEMBALI
Persis beberapa hari sblm papi dipanggil Tuhan, berpulang ke rumah Bapa di surga….ada pembicaraan yg sangat berkesan bagiku. Waktu itu rncananya kalo papi sehat mau dtg pmberkatan rmh. Terakhir telponan dgn papi yg sdg sakit2an dan bnyk mengeluh matanya yg tdk jelas melihat, napasnya yg pendek2, jalannya cpt cape…papi bilang pasrah aja. Buat menyemangatinya, aku jwb “papi pasrah boleh aja, tp jgn spt org yg ‘nglokro’ (ga pny smgat, putus asa)…klo dlu bs bnyk aktifitas, skr cmn bs sirem2 bunga dblkag gpp pi, papi masih bs bersyukur u/ itu, bahkan klo cmn bs terbaring dtmpt tidur pun TUHAN menerima kt apa adanya….kt ttp bs berelasi dlm doa…papi ga usah kepikiran, masalah siapa yg akan pulang duluan…kt smua akan menuju kesana…justru lbh penting nanti drmh BAPA yg kekal kt akan bkumpul selamanya…jadi siapa yg pulang dluan itu bkn masalah siapa yg sakit siapa yg sehat? Bkn masalah siapa yg lbh tua siapa yg masih muda?itu smua urusan TUHAN, yg penting kt ttp bsyukur, sukacita, smgat…kan papi mau kesini ikut pemberkatan rmhku…papi tau ga tnyta TUHAN pny maksud knp aku dptnya rmh ini bahkan dgn nomer rmhnya TUHAN sdg ajarkan dan ingatkan (lalu aku ceritakan dgn penuh smgat, hal2 di atas tadi)…. Jadi pi, TUHAN yg sdh memberi aku rmh di dunia ini, DIA jg kan yg bjanji pd kita bhw dirmh BAPA KU bnyk tmpat tinggal, untuk sampe ksna ya LIHATLAH TANGAN ITU, LIHATLAH PAKU ITU, hidup kita fokus pada TUHAN YESUS caranya spt gambar pictograph dari Hey (angka 5) yaitu spt tangan menyembah…spy tiap hari kt berelasi, memuji dan menyembah TUHAN, makin intim &mesra dgn NYA..itulah yg terpenting skr in, Pi.

Itulah pembcraan terakhirku dgn papi, spt yg pernah kusharingkan di facebook  dgn judul Hari Ultahku Yang Paling Membahagiakan, krn bbrp hr kmudian tgl 6/8/2014 beliau berpulang ke rmh BAPA dgn damai, dgn hati yg siap, dlm rekonsiliasi dan dgn menyerahkan rohnya pada BAPA dipelukan org2 yg sgt mengasihinya.

Besoknya, aku segera meluncur dari Jkt ke PWT bsma keluarga krn tutup peti jam 7pm dan sampai di dpn rmh duka saat kuparkirkan mobil aku melihat jam di mobil tepat 6:26 pm. Kok muncul lagi TUHAN?
Tiba2 angka 6/26 ini menjadi jelas bagiku bahwa sebenarnya TUHAN jg mau mnyatakan papi dipanggil TUHAN pulang tepat pada tgl 6/8 (8=2+6). Tanggal 6 bln Agustus, TUHAN lah yg menetapkan papi berpulang ke rmh NYA.

Apakah semua ini kebetulan? Di dalam TUHAN YESUS tidak ada kebetulan. AGENDA ALLAH selalu tepat, Ya dan Amin. Jika kita mau berelasi dgn intim TUHAN telah mngatakan :

“Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku” (Yoh 15:13-15)

KRISTUS YESUS yg telah mgorbankan nyawa NYA untuk keselamatanmu, DIA lah SAHABAT yg SEJATI. DIA yg mengetahui RAHASIA2 ALLAH dan DIA mau memberitahukan kepadamu. Maukah engkau menyediakan waktu untuk bergaul akrab dgn SAHABAT SEJATI mu ini? Mulailah sekarang!

God Bless U All,
Herry

 
2 Comments

Posted by on July 28, 2015 in Uncategorized

 

Doa Telur

“Percayalah kepada TUHAN dan lakukanlah yang baik, diamlah di negeri dan berlakulah setia, dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu. Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak;”

Mzm 37:3-5 ini tmsuk ayat favorit sy. Krn hampir 11 thn yg lalu dlm sebuah retret remaja, saya & mantan pacar (krn skr sdh jd istri)..😀 diajarkan sebuah doa oleh Oom Arwianto (Pembimbing Rohani dr Salatiga). Nama doanya: Doa Telur.

Diberi nama itu, krn kami disuruh menggambar bulatan spt telur pd secarik kertas dan menuliskan doa didalamnya. Filosofinya adalah : telur selalu dierami induknya dgn setia walaupun sang induk tdk tau persis kpn telur itu akan menetas, tp siang malam dia akan setia mengerami krn yakin suatu saat telur itu akan menetas.

Maka, kami diminta menuliskan sebuah doa. Doa yg spesifik. Bkn ala kadarnya dan bkn sesuatu yg terlalu umum shg tdk jelas. Dan kami sepakat untuk menuliskan doa pd Tuhan agar : * sebelum merid, * kami memiliki rumah tinggal, * yg pny 2 kmr tdr, ruang keluarga, kmr mandi, dan dapur, * dan tinggal di lingkungan yg menumbuhkan iman. Kami tuliskan itu semua dlm gambar telur di kertas tsb.

Lalu beliau mengajarkan, agar Doa Telur ini hrs dierami dgn Mzm 37:3-5. Kertas doa telur tsb dijadikan sbg pembatas Alkitab, spy setiap kami hendak mbaca Alkitab, kami teringat u/ mdoakannya dan mgingat selalu Mzm 37:3-5. Dikala sdg malas bdoa kami ingat ayat ini: “berlakulah setia”. Di saat sedang sedih, kami diingatkan ayat ini: “bergembiralah krn ada TUHAN”. Di waktu mghadapi masalah kami ingat ayat ini berkata: “berserahlah & percayalah kpd TUHAN.”

Tanpa terasa 3 thn berlalu, bahkan kami sdh lupa dgn kertas doa telur ini, tapi ayatnya sdh terpatri dlm hati. Saat bekerja di Bogor kami berdua mncari rumah tinggal. Tapi saat cocok dgn rmh dan harganya, setiap kali pengajuan KPR selalu ditolak dgn alasan salah satu dr kami tdk ada yg kuat analisa kreditnya, tp jk digabungkan dr penghasilan kami berdua dipertanyakan surat pernikahan, kami tdk bisa memenuhi krn mmg belum merid. Hingga beberapa kali ditolak dgn alasan yg sama sampai kami hampir berhenti mencoba.

Akhirnya, suatu saat kami sdg mgunjungi rekan krj di Legenda Wisata, kami diajak ke ktr prmasarannya. Ada rumah minimalis yg kami rasa cocok. Tp kami punya pgalaman ditolak bank dan kami ceritakan kendala tsb. Lalu kami diberi solusi yg sgt simple dan mbuat kami melongo, krn kami hny perlu menyertakan 2 lmbar surat undangan pernikahan (padahal rencana pernikahan kami diundur tahun depan). Tp ini suatu solusi yg bisa kami penuhi.

Begitulah, setelah setahun kemudian kami merid dan menempati rumah baru tsb, kami berdua sungguh terkejut saat menemukan secarik kertas DOA TELUR diselipan Alkitab..kami membaca dan sangat terharu…bgm TUHAN telah mgabulkan persis spt point2 spesifik yg kami tulis. Maka kami membingkainya dlm pigura sbg kenang-kenangan, Doa Telur yg sdh menetas…

Begitulah ayat Mzm 37:3-5 menjadi rhema yg selalu menggema dlm hati kami…
Semoga firman-NYA selalu mjd kekuatan kita setiap saat…Amin

image

Salam kasih,

Legenda Wisata
Galileo L 09/22

 
Leave a comment

Posted by on January 15, 2013 in Uncategorized

 

Indonesia: Pulih dari Krisis (bag. I)

Dalam suatu perbincangan kondisi Indonesia, temenku nyelethuk: “wes lah gak mungkin Indonesia bisa berubah, dari polisi, hakim, ampe pemerintahnya korup semua.” Ga salah dia bilang sesuatu yg merupakan kenyataan.
Yg salah adalah kalo saya, kita yg mengaku umat TUHAN meng-amin-i apalagi meng-iman-i bhw Indonesia mmg gak bisa dipulihkan, lalu cuek tidak berbuat apa2. Lebih parah lagi kita ikut2an ngutukin nama2 pejabat “Anu”, “Ono”, “Itu”…

Justru dlm 2 Tawarikh 7:13-14 Firman TUHAN jelas mengatakan bahwa tanggungjawab nya ada pada kita….:
“13 Bilamana Aku menutup langit, sehingga tidak ada hujan, dan bilamana Aku menyuruh belalang memakan habis hasil bumi, dan bilamana Aku melepaskan penyakit sampar di antara umat-Ku,
14 dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.”

Ternyata ada yg lebih penting dari ngerasani Pemerintah, ngutukin Pejabat, apalagi nge-abisin waktu dengan nyeselin kenapa lahir di Indonesia yg banyak wabah “tomcat” nya? :p

Biar inget dan mudah hapalin tugas kita tadi, kasi pantun aja dech…
2×7=14
2 Taw 7:14
Ayat 14 “dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut…” membukakan rahasianya gmn spy negeri kita Indonesia bisa dipulihkan. Bukankah kita2 ini lah umat TUHAN yg atas doa2 kita nama TUHAN disebutkan? Artinya, kitalah yg mesti :
+ merendahkan diri,
+ berdoa dan
+ mencari wajah TUHAN,
+ lalu berbalik dari jalan-jalan yang jahat
Manakah yg belum kita lakukan?
– Apakah kita masi pny kesombongan diri merasa lebih baik dan lebih benar dari yg lain?
– Apakah kita masi pny segudang alasan: tdk ada wktu, terlalu sibuk, bkn talenta/bidangku u/berdoa/mendoakan bangsa?
– Apakah kita masih diam2 bikin dosa, bersembunyi dr wajah-NYA dan tdk pny inisiatif mencari keintiman dgn TUHAN?
– Apakah kita masih tenang2 saja ke gereja rutin, tp bikin dosa jg jalan terus?

Kapan Indonesia dipulihkan? Sebelum tanya ke yg berwenang, tanyakan dulu pada diri kita : Sudahkah aku menjadi umat TUHAN yg merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-NYA, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat?

Awas, jaga Hati! Mohon selalu bimbingan ROH KUDUS!

image

»»Jësüs<3£O:)vës<3YO:)ü ALL««
(Herry)

 
Leave a comment

Posted by on March 21, 2012 in Uncategorized

 

Makna Rabu Abu

Rabu, 22-02-2012

Hari ini Rabu Abu.
Semoga tulisan ini mengingatkan: jangan sampai kita sadar baru setelah menjadi debu kembali??
Sebab Ayub 34:14-15, berkata:
14 Jikalau Ia menarik kembali Roh-Nya, dan mengembalikan nafas-Nya pada-Nya,
15 maka binasalah bersama-sama segala yang hidup, dan kembalilah manusia
kepada debu.

Hidup manusia sangat bergantung pada Roh-NYA.
Tanpa Roh Kudus kita hanyalah debu.
Tanpa Roh Kudus kita binasa.

Mungkin kita sdh aktif melayani.
Mungkin kita sdh pernah mengusir setan dlm nama Yesus.
Mungkin kita sdh rajin ke gereja dan pengakuan dosa 3bln sekali.
Tapi sdhkah kita mengenal Roh Kudus scr pribadi? sdhkah kita menjalin relasi dgn Pribadi Allah Ketiga ini?

Jangan sampai setelah semuanya selesai Tuhan berkata, spt kepada 5 gadis bodoh: “..sesungguhnya Aku tidak mengenal Engkau?” Bukankah 5 gadis bodoh di Mat 25:1-13 itu, mereka jg memiliki pelita tapi minyak mereka habis. Pelita melambangkan Firman, dan minyak melambangkan Roh Kudus.

Maka dalam masa Pra-Paskah bukan amalnya yg penting, bukan upacara liturgisnya yg utama, dan bukan nahan lapernya yg buat kita berkenan di hati Bapa. Jika semua itu tidak didasari pengenalan scr pribadi dan intim dgn Tuhan, semuanya akan sia-sia.
Jangan terjebak seperti umat Israel yg tobat-bikin dosa..tobat lagi-bikin dosa lagi..terus berputar-putar di padang gurun..

Marilah kita berdoa:
“Ya Allah Roh Kudus, terimakasih krn Engkau yg mengingatkan kami dan mengajarkan kami segala sesuatu Firman Allah yg telah kami baca/dengar.
Dalam Masa Pra-Paskah ini bimbinglah kami untuk semakin memiliki relasi yang ekhat/erat/menyatu dan intim dgn-MU supaya kami semakin menyenangkan hati Bapa sebab Engkaulah yang sanggup menyelidiki isi hati Allah.
Kuatkanlah kami dalam menghadapi godaan, cobaan, dan tantangan hidup ini.

Roh Kudus, kami mau setiap hari menyapa-MU, menjalin relasi yang intim dan mesra dengan-MU. Bantulah ya Roh Kudus…
Dalam nama Tuhan Yesus kami telah berdoa. Amin”

 
Leave a comment

Posted by on February 22, 2012 in Uncategorized

 

Jaga Hak Kesulunganmu

Jaman sekarang ada banyak hal yang bisa membuat manusia lupa diri. Bahkan pengikut Kristus pun dapat menjual imannya hanya demi jodoh, ketenaran, pangkat, kuasa, dan uang.

Supaya kita berjaga-jaga jangan sampai mengulang keputusan fatal itu, berikut kita belajar dari kesalahan seorang Esau.

demikianlah firman TUHAN. “Namun Aku mengasihi Yakub, tetapi membenci Esau. Sebab itu Aku membuat pegunungannya menjadi sunyi sepi dan tanah pusakanya Kujadikan padang gurun.” (Maleakhi 1:2-3).

Lho, TUHAN yang mengajarkan kasih&pengampunan, kenapa kok DIA sendiri masih mengingat-ingat kesalahan Esau? Dari Kejadian 25:19-24 hingga kitab Maleakhi 1:2-3 itukan sudah berabad-abad lamanya. Apa sich kesalahan Esau yg bikin TUHAN murka dan benciiiiiii nyaaaaa setengah mati??

“Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau, yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan.” (Ibrani 12:16).

Waladalah, rupanya gara2 masalah hak kesulungan yang digadaikan Esau kepada Yakub adiknya toch… Sampai jaman Perjanjian Baru pun TUHAN masih membenci Esau.
Kenapa Esau dibilang cabul? Kan tidak berzinah dengan istri orang atau suka nonton film porno?
Emang apa yg dimaksud “hak kesulungan” itu sich? Dan siapa “YANG SULUNG” yang sampe jd begitu penting untuk dijaga itu ?

YESUS KRISTUS, adalah YANG SULUNG
—————————————————–
“Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.” (Roma 8:29).

Dan kita yang sudah percaya kepada-NYA menjadikan TUHAN YESUS sbg satu-satunya Juruselamat, oleh karunia ROH kita pun memiliki hak kesulungan itu.

“Dan bukan hanya mereka saja, tetapi kita yang telah menerima karunia sulung Roh, kita juga mengeluh dalam hati kita sambil menantikan pengangkatan sebagai anak, yaitu pembebasan tubuh kita.” (Roma 8:23).

Maka, jangan sampai kita “menendang” YESUS dari hati dan kehidupan kita hanya karena jodoh, ketenaran, pangkat, kuasa, dan uang. Karena jika demikian, TUHAN juga tidak segan-segan akan berkata bahwa kita: “cabul” spt Esau dan membenciiiiii terus perbuatan kita itu.

AWAS, JAGA HATI !
Mohon selalu bantuan ROH KUDUS untuk menguatkan iman kita supaya tetap teguh menjadikan TUHAN YESUS sebagai satu-satunya TUHAN & JURUSELAMAT.
Jalin relasi yang semakin ekhat/erat/menyatu/intim dengan-NYA.

Haleluya!

 
Leave a comment

Posted by on February 16, 2012 in Uncategorized

 

Ingat : Pasutri Kembali ke Pola Dasar Seturut Firman TUHAN

Pola Dasar: Suami Mencintai Istri spt pd Dirinya Sendiri, Istri Menghormati Suami spt kepada Tuhan

Tujuh telah mengingatkan saya akan satu/ekhad/intim/erat dan sepakat dgn pasangan hidup.
Tujuh juga mengingatkan kami akan POLA DASAR panggilan hidup sbg suami istri.

Taukah Anda bahwa Rancangan Kerja Allah berpola Angka Tujuh?
* Minggu Penciptaan : 7 hari (Kej 2:2)
* Allah menetapkan Tahun Kelimpahan dan Tahun Kelaparan di Mesir : 7 tahun (Kej 41:29-30)
* Tuhan diam di atas Gunung Sinai 6 hari dan memanggil Musa pd hari ke-7 (Kel 24:16)
* Jumlah Pengampunan dlm sehari yg distandardkan Tuhan Yesus : 70×7 kali (Mat 18:21-22)

Ini bukan sebuah kebetulan, bahkan Angka Tujuh jg merupakan Pola Dasar yg dipakai di Alam Semesta ini:
* Masa Kehamilan Manusia : 9 bln 10 hr=280 hr=40×7
* Tangga Nada : do,re,mi,fa,so,la,si = 7
* Warna Pelangi (Spektrum Cahaya) : merah,jingga,kuning,hijau,biru,nila, ungu= 7
* dan banyak lagi daftar panjang yg saya & Anda bisa sebutkan

“Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.” (Efesus 5:33).
Ini adalah Pola Dasar dalam hubungan Suami-Istri.

Saya teringat ada sebuah permainan yg seorang teman lontarkan pada saya. Dia bertanya: Jika Tuhan menyuruhmu mencatat 10 org yg akan Tuhan selamatkan, siapa saja yg akan kamu tulis? Setelah itu jika hanya ada 5 org yg akan Tuhan selamatkan, siapa saja yg akan tetap dlm daftarmu? Pertanyaan makin sulit dijawab.. Terakhir, saat daftar tingganl 3 nama: anak, istri, dan ortu..diminta untuk menyisakan satu nama saja yg akan diselamatkan? Semua sama pentingnya buat saya…tapi krn hrs memilih satu nama saja saya pilih nama anak..dgn alasan anak adalah tanggungjwb saya sbg ayahnya, sementara istri dan ortu kan sdh dewasa u/cari jalannya sndiri ha ha =D
Tapi sangat menarik apa yg rekan saya sampaikan: seorang anak akan meninggalkan ayah&ibunya untuk bsatu dgn pasangan hidupnya, smtara dlm Kitab Suci jelas sekali dikatakan bahwa suami-istri tak terpisahkan.

Itu adalah panggilan hidup sekaligus tanggungjawab saya telah memilihnya sbg pasangan hidup.

“Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.” (Efesus 5:24).

“Demikian juga suami harus mengasihi isterinya sama seperti tubuhnya sendiri: Siapa yang mengasihi isterinya mengasihi dirinya sendiri.” (Efesus 5:28)

Artinya, sesuai dengan Firman sbg pasangan suami-istri kami harus terus mengembangkan Pola Dasar yg sdh ditetapkan TUHAN itu.

Kami masih terus belajar…belajar…belajar…dan belajar melakukan Firman-NYA sampai kelak “disempurnakan” oleh kedatangan-NYA kedua kali.

Bgm dengan Anda?

 
Leave a comment

Posted by on February 16, 2012 in Uncategorized